April 22, 2014

COnstructive COst MOdel (COCOMO)

Constructive Cost Model atau biasa disingkat Cocomo mungkin bagi sebagian orang istilah ini masih asing. Cocomo merupakan kombinasi dari sebuah algoritma estimasi biaya perangkat lunak model dan metode pembobotan yang dikembangkan oleh Barry Boehm. 

Satu hasil observasi yang paling penting dalam model ini adalah bahwa motivasi dari tiap orang yang terlibat ditempatkan sebagai titik berat. Hal ini menunjukan bahwa kepemimpinan dan kerjasama tim adalah titik berat dalam pengembangan.


Terdapat 3 jenis Cocomo yang sampai saat ini masih digunakan dalam pengembangan software engineering untuk memperkirakan usaha, biaya dan jadwal untuk proyeknya.

1. Basic Cocomo
Menghitung dari estimasi jumlah FP dan Loc. FP adalah suatu unit pengukuran untuk keterhubungan dan antar prosedur, fungsi dan lingkungan SW.



2. Intermediate Cocomo
Menghitung dari besarnya program dan “Cost Driver” (Faktor-faktor yang berpengaruh langsung pada proyek) Misalnya Software.



3. Advance Cocomo
Memperhitungkan semua karakteristik dari Intermediate dan cost drivers dari setiap fase (Analisis, design, implementasi dll) dalam SW Life Cycle.

-------------------------
Oleh:
Erviana Frishmanida. S
12110422 // 4KA20
Dosen: Farida
-------------------------

Source:
http://networkedblogs.com/KtBNU
http://haryanto.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/16702/COCOMO/ppt

0 COMMENTS:

Post a Comment