June 06, 2013

BELAJAR ORACLE (SQL) part. II

Sebelumnya boleh juga baca Belajar Oracle (SQL) I terlebih dahulu...

Nah di part ke 2 ini kita akan belajar membuat VIEW menggunakan satu atau dua tabel.

Buat dahulu tabel pertama contoh disini nama tabelnya mhs. Gunakan perintah CREATE untuk membuat table. Number (8) maksudnya merupakan tipe data numerik yang memiliki maksimum digit sebanyak 8, sedangkan Varchar (10) merupakan tipe data variable karakter yang memiliki maksimum digit sebanyak 10.

Setelah berhasil membuat tabel, isi recordnya dengan menggunakan INSERT. Insert berfungsi untuk menambahkan record baru. Select adalah perintah untuk menampilkan data pada table. Lakukan seperti pada gambar dibawah ini..



Apabila ingin mengubah atribut pada suatu table maka gunakan perintah ALTER. Sedangkan bila hanya ingin mengubah recordnya saja gunakan perintah UPDATE. Pada gambar dibawah ini, membuat kolom table baru kodemk dengan alter, dan mengubah kelas dimika menjadi 3ka09 dengan menggunakan perintah update. Perintah ini juga berguna untuk menambahkan isi record dari table seperti pada kolom kodemk.




Selanjutnya buat tabel kedua. Caranya sama dengan tabel pertama, namun pastikan nama tabel ini tidak sama dengan tabel yang sebelumnya.


Setelah berhasil, kita akan mencoba menampilkan record-record dari 2 tabel berbeda ini dengan VIEW.  Pertama gunakan perintah Create view, untuk membuat table view. Merupakan bentuk alternative penyajian data dari satu atau lebih table. View berisi semua atau sebagian kolom pada table bergantung pada apa yang ingin disajikan atau didefinisikan. Create view yang pertama merupakan salah satu contoh bila hanya menggunakan satu table. Sedangkan yang kedua merupakan contoh bila menggunakan dua table yang ingin disajikan dalam satu pemanggilan.



Selamat Mencoba :)


0 COMMENTS:

Post a Comment