October 14, 2011

Arti Penting Organisasi dalam Masyarakat (Resume)

Organisasi adalah sekumpulan individu yang berkelompok/ bergabung dalam suatu wadah demi mencapai tujuan bersama. Kesamaan bisa disebabkan karena kepentingan yang sama, cita-cita, harapan dan satu tujuan. Dalam berorganisasi pada dasarnya individu itu bergabung tanpa adanya paksaan, kita bebas memilih dan berdemokrasi.

Tujuan organisasi merupakan suatu harapan yang diinginkan dalam sebuah organisasi sesuai dengan misi dan visi pada organisasi tersebut demi kesejahteraan seluruh anggotanya. Setiap organisasi juga harus punya
arah, mau dibawa kemana organisasi ini, dan juga harus punya visi dan misi agar jelas untuk apa organisasi tersebut terbentuk.

Visi dan misi dalam organisasi sangatlah penting. Visi adalah suatu gambaran/ cara pandang ke depan kemana organisasi itu akan dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif. Sedangkan misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Misi inilah yang dijadikan kunci kemana akan membawa organisasi pada suatu fokus. Dengan demikian organisasi tidak akan melenceng apabila tetap berkiblat pada visi dan misinya.

Ada beberapa prinsip dari sebuah organisasi yaitu:
  1. Organisasi Harus Mempunyai Tujuan yang Jelas.
  2. Organisasi harus da kepemimpinan agar organisasi dapat berjalan di bawah koordinasi, perintah, pengawasan yang tepat
  3. Organisasi harus ada pembagian pekerjaan.
  4. Organisasi harus ada tanggung jawab.


Contoh sebuah organisasi dalam kehidupan kita saya, seperti di kampus yaitu HIMSI.
Organisasi ini merupakan wadah berkumpulnya mahasiswa-mahasiswi sistem informasi Gunadarma. Biasanya mereka mengadakan perkumpulan untuk share pengetahuan tentang pelajaran-pelajaran yang mencakup SI juga lainnya.




Nama: Erviana Frishmanida. S
NPM: 12110422
Kelas: 2KA20

0 COMMENTS:

Post a Comment